Jumat, 20 Desember 2013

Mari Belajar Membuat Animasi di Photoscape!

#HiatusBreak
Assalamualaikum, teman-teman! Sudah lama saya tidak menulis tutorial. Saya punya sesuatu yang mungkin ada teman atau pemula yang belum mengetahuinya. Ini sederhana, kok. Berikut cara membuat animasi yang selama ini saya praktekkan di photoscape.

Senin, 04 November 2013

Bingung (Diary)


Minggu, 06 Oktober 2013

Sebuah Buku Menakjubkan

Kadang-kadang saat menemukan buku atau ensiklopedi yang bagus, aku memikirkan cara pembuatannya sehingga bisa sampai di tanganku. Tentu saja, dengan izin Allah.


Bunga apa nih?


Kemarin aku membaca ensiklopedi yang sangat bagus. Ensiklopedi itu untuk anak muslim, di setiap halaman ada ilmu dan banyak gambar. Ilmunya berhubungan antara ilmu dunia dan agama. Aku masih suka membacanya.

Pembuatan ensiklopedi itu pasti membutuhkan banyak ahli. Ternyata betul, saat kulihat di halaman awal-awal, tertulis nama-nama orang pintarnya. Editor saja ada empat. Ada editor kepala, editor bahasa, asisten editor, dan editor ahli. Editor ahli ada banyak, lho, ada yang ahli agama, insinyur, seni rupa, dst. Ada juga penulis naskah, kontributor, proofreader, ilustrator, fotografer, dsb. Subhanallah, wah... Kalau hanya satu orang yang memproduksi, menulis buku, mengilustrasikan, dan menjualnya, sepertinya repot.

Aku membayangkan kalau tidak ada yang menjadi editor, bagaimana, ya? Kalau tidak ada ilustrator, apakah semua anak akan suka? Kalau tidak ada asisten? Kalau tidak ada pedagangnya juga? Kalau tidak ada yang memproduksi? Akuntannya? Wah, banyak banget yang dibutuhkan.

Bukan cuma buku, tapi yang lain juga, kan? Kasur, lemari, komputer, setrikaan, sekolah dan lembaga pendidikan, lembaga masyarakat, dan masih banyak kali, ya. Kalau ada banyak ahli, lebih bagus, kali ya.

Dari situ aku berpikir kalau kita menekuni suatu bidang, harus ahli dan harus tetap menuntut ilmu agama. Siapa pun kita, presiden, PNS, penjual nasi uduk, tukang fotokopi, dan yang lainnya bila dilakukan sebaik mungkin akan memberikan kontribusi terhadap umat Islam dan masyarakat dunia. Jangan lupa melakukannya karena Allah. Semangat! 

Ada yang mau nambahin?

Sabtu, 28 September 2013

Kalau Sudah Menyontek, Terus?

Menyontek, siapa yang tidak pernah? Bekerja sama dalam menyontek, seperti memberi contekan, mungkin?

Kita menyadari kalau menyontek itu tidak baik. Namun, dalam kenyataannya dalam kehidupan pelajar, kok masih banyak aku melihat perbuatan ini?
Aku aja nggak pernah nyontek -Mami Yuyi


Pelajar yang lebih rajin bisa kalah prestasinya dengan yang kurang rajin tetapi menyontek. Memang, aku sangat setuju kalau sekolah bukan sekedar untuk itu. Namun, coba pikirkan kembali, apakah itu pantas? 

Menyontek bisa saja mengajarkan hal yang buruk. Misalnya, ada siswa yang menyontek mendapatkan nilai yang bagus. Sementara yang tidak menyontek nilainya jelek. Bukan, aku sendiri tidak menghimbau teman-teman untuk senang dengan nilai yang kurang (maksudnya harus diperbaiki). Ini masalah menyonteknya. Menyontek juga mengajarkan otak kita untuk mengandalkan cara yang tidak baik. Parahnya, sekali lagi, ini sudah biasa. Dan masih banyak akibat buruknya.

Nah, kalau kalian ingin menghentikan kebiasaan itu (pasti bisa!), walaupun kalian mungkin sudah terbiasa menyontek, atau yang kadang-kadang saja, jangan takut untuk mengubahnya. Aku juga bukannya sama sekali nggak pernah nyontek dan memberi contekan. Kalau kita melakukan suatu kesalahan, saat ini juga bisa kita perbaiki, kan? Bismillah. Jujur saja!

Sabtu, 14 September 2013

Bertemu Denganmu dalam Mimpi

Semalam, aku memimpikan hal yang membuatku rindu akan sesuatu. Melihat sesuatu yang selama ini mungkin sudah kulupakan. Aku memimpikanmu, Mighty✿. Siapa yang tidak mengenal hamster lucu yang sudah mati sejak beberapa tahun lalu?


Ya, semalam aku mimpi tentang Si Mikti. Aneh, dia bisa buka pintu kadang pinknya dengan mudah. Bagaimana tidak, dalam mimpi itu aku sering menemukan Mikti sedang jalan-jalan di rumput halaman. 

Mikti, temanku

Aku tidak mau Mikti hilang dimakan kucing, maka aku bergegas mengangkatnya ke kandang. Itu terjadi sampai beberapa kali. Mikti kok tiba-tiba jadi punya kekuatan super, buktinya dia bisa membuka kandangnya walaupun sudah ditutupi oleh buku yang berat!

Dalam mimpi itu, aku juga melihat Mikti kecil-kecil banyak. Tiba-tiba ada 2 Mikti besar. Akhirnya, aku pun tahu kalau Mikti sudah memiliki anak dan pasangan dalam mimpi itu walaupun aku tidak tahu Si Mikti menjadi ibu atau bapaknya.

Sabtu, 31 Agustus 2013

Semoga Bapakmu Bangga

Aku ingin menceritakan sebuah cerita nyata yang disampaikan Pak Yatim, guruku di sekolah. 

Ada seorang murid SMA memiliki Bapak dengan 2 ginjal yang sudah tidak berfungsi dengan baik. 

Matahari terbit (Untung Jawa)


Anak itu berniat mendonorkan salah satu ginjalnya. Pada saat anak itu ingin dioperasi, karena takdir Allah, Bapaknya itu meninggal.

Anak itu pun dijahit kembali perutnya. 

Petiklah hikmah sebanyak-banyaknya dari cerita nyata ini.

Sabtu, 24 Agustus 2013

Awal yang Dahsyat

Sebelumnya, aku tidak terlalu capek (mungkin terlalu santai). Namun, minggu ini terasa waaah. 

Kelas XII itu katanya hanya sebentar. Semester genap nanti, sudah tidak belajar materi lagi (cuma awal-awalnya) karena sudah banyak try out.

Bunga ini indah, ya *_*

Kelas XII itu perlu banget yang namanya latihan. Aku saja, yang tadinya suka Matematika, gara-gara jarang latihan (jangan ditiru!) jadi ketinggalan. 

Alhamdulillah, dibalik semua itu selalu ada Allah Yang Maha Penyayang. Juga ada orang tua, guru, teman, semuanya memotivasi. 

Maaf, ya, kalau aku punya salah. Aku akan lebih jarang blogging tapi biasanya sih aku tetap blogging Sabtu-Minggu, hanya saja waktunya tidak selama yang dulu.

Banyak hal-hal baik yang aku dapatkan. Seperti kita tidak boleh berhenti sebelum selesai, harus selalu berdoa, menjadi pembelajar (selalu mengambil pelajaran dari alam), dll.

Jumat, 16 Agustus 2013

Cara Membuat Button

Maaf aku posting melulu, lagi ada ide dan mumpung liburan, nanti kalau sudah masuk sekolah belum tentu punya ide.



Caranya gampang, ini caranya.


Ini hasilnya :

Di Kamar Melulu (Purworejo 2013)

Ini adalah ceritaku selama pulang kampung di Purworejo.

Aku berangkat ke Purworejo beberapa hari sebelum lebaran. Perjalanannya lancar. Aku sempat mampir ke Gentong karena memang langganan saat mudik.

Kamis, 15 Agustus 2013

Oleh-oleh Mudik

Alhamdulillah, aku sudah kembali ke Jakarta dengan selamat. Ini adalah yang kudapat setelah aku mudik sekitar seminggu di Purworejo.

Oleh-olehnya :
- Lanting, makanan yang bentuknya seperti cincin
- Beberapa jajanan
- Sandal baru
- Buku Om Wawan (sudah tidak dibaca)
- Dll

Ada juga oleh-oleh yang tidak terlihat :
- Merasa lebih dekat dengan mbah dan keluarga dari mbah
- Sensasi mudik karena terjebak macet dan sempat lewat jalur alternatif yang wow 
- Karena aku baca-baca buku di sana, jadi menambah ilmu 
- Di sana sempat mimpi kalau aku itu telat masuk sekolah dan belum mengerjakan PR, itu menjadi pengingat (dalam mimpi itu ceritanya aku lagi mimpi, lho! Baru kali ini!)
- Dll

Oleh-oleh buat blogku adalah tulisan pendek ini.

Jumat, 26 Juli 2013

Pentingnya Istigfar

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh... Selamat beribadah dan berpuasa, ya, semuanya dan salam ramadan. Kali ini postingannya tentang pentingnya إستغفار. Ini ada beberapa dalil tentang istigfar.

"Dan mohonlah ampunan kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang"
QS Al Muzzammil [73]: 20


"Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun,"
QS Al Anfaal [8]: 33


"Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,"
QS An-Nisa' [4]: 110


"Hendaklah kamu meminta ampun kepada Allah, agar kamu mendapat rahmat,"
QS An Naml [27]: 46


Dan masih ada dalil selain itu semua tetapi yang dicantumkan hanya segitu... Mohon maaf (takut salah). Jadi, jangan lupa istigfar dan bertobat ya, teman-teman... Tapi jangan meremehkan dosa ya... Allah Maha Mengetahui segalanya, tentu saja termasuk isi hati kita yang paling dalam.


Aku men-copy paste arti-arti firman Allah itu dari web lain tetapi tetap saja itu adalah firman Allah. Ini ada beberapa link  tentang istigfar dan taubat kepada Allah :
10 Keutamaan Istighfar - Ummi Online
Istigfar Menurut Wikipedia
Tuntunan Bertaubat kepada Allah SWT

Wallahu a'lam.

Kamis, 27 Juni 2013

Analisis Pendapatan Tukang Ojek dalam Memenuhi Kebutuhan Hidup Sehari-hari

Assalamualaikum semuanya. Beberapa saat yang lalu aku menulis karya ilmiah tentang tukang ojek sebagai tugas Bahasa Indonesia. Aku mau membagikan hasilnya pada kalian walaupun hanya sebagian kecil dan ada yang diubah sedikit. Namun, ini hanyalah karyaku dan nggak tahu benar atau salahnya karena hanya diparaf. Jadi, silakan beritahu kalau salah.

Kamis, 20 Juni 2013

Pesan untuk Blogger Pemula

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh! Apa kabar? Apakah kamu blogger pemula? Aku termasuk pemula juga tapi nggak pemula banget. Karena itu, aku mau menyampaikan beberapa pesan untuk yang masih pemula (baru-baru ini membuat blog). Hehe, terinspirasi sama adikku yang baru saja membuat blognya

Jumat, 07 Juni 2013

Tafakur Alam

Buat kamu yang penasaran sama ceritaku waktu Tafakur Alam #emangsiapayangpenasaran ... Hmm... Tapi nggak ada fotonya dan ceritanya kurang lengkap, sih.

Jumat, 17 Mei 2013

Nasib Karya Ilmiah?!

Assalamualaikum... Teman-teman, lama tidak berjumpa. Eh, postingan yang kemarin nggak menarik, ya? Nggak masalah... Sekarang aku menulis tentang ini saja. Buahnya pahit, lho.

Sekitar 5 bulan yang lalu, Ibu Petri (Guru Bahasa Indonesia) memberikan tugas membuat karya ilmiah. Waktunya lama, sampai awal Juni.  "Ah, masih lama. Temanya apa, ya?" pikirku.

Kamis, 09 Mei 2013

Mimpiku Biasanya...

Aku lagi mau ngomongin mimpi. Bukan arti mimpi atau apa, hanya curhat. Hehehe...
Mimpiku biasanya seru-seru, seperti :

Sabtu, 20 April 2013

Bagaimana Cara Mengelompokkan Tulisan? (Untuk Blogger Pemula)

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh. Teman-teman, seiring berjalannya waktu kalian blogging, pasti kalian akan tahu sendiri caranya. Namun, untuk blogger pemula, mungkin kalian masih bingung. Sebenarnya caranya mudah, kok!

Minggu, 14 April 2013

Menjadi Konsumen Cerdas

Lomba Menulis & Kontes SEO 2013 – Konsumen Cerdas
Kategori : Non SEO

Konsumen Cerdas
Siapa di sini yang merasa konsumen? Apakah ada yang tidak pernah menjadi konsumen? Pasti tidak ada. Karena, kita semua adalah konsumen. Saya pun termasuk konsumen, buktinya saya menggunakan fasilitas blogger dan sejuta fasilitas lain dalam menulis tulisan ini.

Jumat, 12 April 2013

Pornografi di Dunia Maya

Dunia maya ini luas. Ada pengetahuan, hiburan, dan banyak hal yang menakjubkan dapat kita temukan. Namun, tidak sedikit juga hal yang buruk ada pada dunia maya. Salah satunya adalah pornografi.  Pornografi bisa terlihat di mana saja (televisi, buku, dll), termasuk di dunia maya.

Sabtu, 23 Maret 2013

Ngapain Ngomogin Orang

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka, karena sebagian dari prasangka itu dosa. dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Hujuuraat: 12)

Sabtu, 09 Maret 2013

Jurusan Seru Menurutku

Setiap orang memiliki minat yang berbeda. Ada yang suka ini, ada yang suka itu. Minat jurusan pun berbeda, tergantung. Kalau ini aku.
  1. Pendidikan Dokter 
  2. Psikologi 
  3. Geografi
  4. Geologi
  5. Astronomi
  6. Agama Islam
  7. Teknik Elektro
  8. Teknik Informatika
  9. Teknik Kimia
  10. Komunikasi
  11. Kimia
  12. Biologi
  13. Farmasi
  14. Desain Interior
  15. Kesejahteraan Sosial

*edited*

Sabtu, 02 Maret 2013

Cara Membuat Scroll

Sekarang kita akan melihat cara membuat scroll. Mau tahu banget? Scroll apa sih? Aku juga nggak tahu. Hehe, maksudku scroll yang sedang kamu baca ini. Aku akan mengajarkanmu cara yang manual.


Minggu, 27 Januari 2013

Semester Genap, Semangat Ulangan, dan Listening yang Hancur

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh, teman-teman! Aku sudah lama tidak menulis di sini. Aku lebih sering mengganti tema. Bagaimana tema yang sekarang? Fresh nggak?

Jumat, 04 Januari 2013

Cara Mengganti Template dari Btemplates atau Temannya Btemplates

Hehe, sudah lama aku tidak membuat tutorial. Kamu mau memakai template yang ada di btemplates atau tempat lain  yang selain dari blogger? Dulu aku juga bingung. Sekarang udah bisa, dong!
*sepertinya antara btemplates dengan template yang skin itu beda*

Diberdayakan oleh Blogger.