Sabtu, 03 November 2012

Manfaat Ngeblog

Sekarang ini sudah banyak sahabat blogging yang lama tidak membuat postingan. Walaupun, masih banyak. Memang, ngeblog itu bukan kewajiban. Hei, aku sendiri sudah lama tidak membuat postingan, karena berbagai macam alasan, salah satunya adalah bingung mau posting apa. Aku pun mendapatkan ide untuk menulis tentang manfaat ngeblog. Menurutku, beginilah manfaatnya...
  • Berbagi. Berbagi kepada orang lain, kalau kita tulus, rasanya akan menyenangkan. Bisa tentang apa saja, misalnya ilmu pengetahuan yang kita dapatkan. Namun, ingatlah untuk selalu memastikan kebenaran ilmu pengetahuan yang akan kita bagikan. Dan, perhatikan juga tentang hak cipta.  
  • Memperkaya informasi melalui blog yang lain atau teman-teman kita. 
  • Mengasah kemampuan kita dalam menulis. Aku pernah membandingkan tulisanku pada awal ngeblog dengan yang sekarang. Ternyata, jauh berbeda (terutama dari segi tanda baca, huruf kapital, dll). Walaupun, sekarang pun masih kurang.  
  • Berdakwah. Sebenarnya, berdakwah itu wajib bagi setiap muslim, kan? Nah, blog juga bisa menjadi sarana berdakwah. Tetap ingat pesan pada poin pertama.  
  • Sarana untuk karya-karya kita. Untuk yang senang menulis puisi atau cerpen, bisa dijadikan tempat menulis. Untuk yang senang fotografi, bisa untuk tempat foto-fotonya. Buat yang suka bahasa asing, bisa dijadikan tempat untuk memuat karya-karyamu dengan bahasa asing. Bisa menjadi "lemari karya kita".  Hanya saja, yang namanya dunia maya berarti siapa saja bisa menirunya, men-copasnya, tapi kalau buatku sih beberapa karyaku tidak terlalu masalah bila dicopas asal ditulis sumbernya.
  • Buat yang senang mendesain, bisa menyalurkan kesenangannya di desain blog. Sekarang sudah lebih mudah dalam mendesain blog.
  • Yang terakhir, tetapi tidak dilupakan adalah menambah teman (bahkan sahabat!). Waw, aku sudah membuktikannya. Namun, kita harus ingat untuk selalu berhati-hati (tidak semua orang itu berniat baik!).

Seru dan bermanfaat, kan? Hanya saja, jangan berlebihan karena yang berlebihan tidak baik.

7 komentar:

  1. Oke.. Makasih ya udah komen.

    BalasHapus
  2. @obat asam urat : wah, kalo itu sih sebenarnya saya juga belum bisa menjawab, kecuali blog saya ini tenar, hehe... Tips dari saya sih, kontennya harus bagus dan desainnya bagus. Harus menarik.

    BalasHapus
  3. kakkkkkk kangeen hihi. masih inget aku gak? :")

    BalasHapus
  4. @obat-obat: oke, thanks.
    @Bita : kakak juga, Bita! Ya iya, lah... Inget banget!

    BalasHapus

Boleh banget kalau ada tanggapan, kritik, saran, atau apa pun :)