Senin, 29 September 2014

Pengalaman OH FKUI 2014

OH FKUI 2014 dilaksanakan pada tanggal 27 - 28 September 2014. Ada pula try out pada tanggal 4 Oktober mendatang.

Hari Pertama (Depok)
Jeng jeng, setelah menunggu sekian lama akhirnya datang juga hari itu. Beruntung sekali aku mendapatkan informasi mengenai OH FKUI 2014. Tahun lalu, aku sempat mengetahui info OH FKUI 2013, tetapi sayangnya terlambat. Sebenarnya, tujuanku mengikuti acara ini adalah untuk menambah informasi dan ingin lihat-lihat, berhubung aku masih bingung mau masuk jurusan apa. 

Langsung saja, ya. Aku sampai di FKUI Depok lalu mengantre cukup panjang untuk registrasi. Setelah itu, aku memasuki sebuah ruangan yang sangat nyaman untuk mengikuti acara.
Pertama, ada sambutan dari ketua BEM disusul sambutan oleh dokter. Setelah itu ada presentasi yang menginformasikan hal-hal terkait FKUI seperti jalur masuk, kurikulum, cara belajar, dan sebagainya. Asal kamu tahu saja, uang pangkal FKUI reguler itu untuk saat ini (cek infonya juga, ya) sudah gratis, lho (kalau kelas internasional sepertinya masih bayar). Per semester kalau tidak salah (saat itu) maksimal Rp 7,5 juta (tergantung penghasilan orang tua) dan tentunya banyak beasiswa yang bisa digunakan. Jadi, jangan terlalu takut soal biaya kalau ingin kuliah di sini (atau di PTN lain, silakan cek sendiri ya). Buku-bukunya juga tidak harus semua dibeli. Ada banyak buku di perpus dan web. Oh iya, sudah menjadi rahasia umum bahwa seleksi masuk FKUI itu sangat ketat.

Seminar kedua adalah seminar psikologi oleh seorang psikiater yang pernah menempuh pendidikan di FKUI juga (kalau tidak salah). Isi seminar itu diantaranya adalah cara menentukan jurusan. Intinya harus sesuai dengan minat dan beberapa aspek lain. Seminar pun dilanjutkan dengan seminar oleh mahasiswa FKUI.

Acara terakhir adalah tur kampus FKUI Depok. Masing-masing grup didampingi oleh kakak pembinanya. Setelah itu, ada sharing bersama kakak yang membimbing grup masing-masing. Kak Vanya dan Kak Rio adalah kakak pembina kloter / grupku.




Hari Kedua (Salemba)
Kampus FKUI Salemba sangat bersejarah, kata kakak-kakak FKUI. Saat aku datang, kampus itu masih sepi. Beberapa lama kemudian, aku mengantre untuk registrasi. Setelah itu, aku mengantre untuk berfoto di depan gedung FKUI Salemba mengenakan jas kuning! Memang butuh Rp 15 ribu untuk mendapatkan foto itu (dicetak), tetapi tidak apa untuk motivasi. 

Setelah itu, aku baris dan gabung di grup 12. Masing-masing kelompok ada kakak pembimbingnya, tetapi beda dengan yang kemarin pembimbingnya. Aku mengelilingi beberapa tempat di FKUI. Aku dan tentunya yang lain masuk ke ruang patologi anatomi. Wah, di sana aku melihat banyak organ manusia yang terkena penyakit. Ada janin juga. Kebanyakan organ maupun janin yang aku lihat ditempatkan di sebuah kotak yang berisi cairan (kata kakaknya itu formalin). 

Aduh, aku agak lupa mengenai urutan acara di Salemba. Jadi, acak tidak apa, ya? 

Aku dan teman satu grup pun menjalankan simulasi ujian teng-teng. Yah, salahnya banyak, nih. Setelah itu, Kak Jeffrey (kakak pembinanya) dan anggota grup saling berbagi cerita. Selain bertanya-tanya tentang FKUI, ada juga lho yang bertanya tentang topik lain.

Peserta juga mengikuti workshop mengenai cara menggunakan sfigmomanometer (alat pengukur tekanan darah) dan diberi informasi mengenai first aid box.

Setelah itu apa lagi, ya?

Pokoknya, saat penutupan kami menerbangkan balon yang sudah ditempeli harapan-harapan peserta. Yang terakhir, mengambil foto yang memakai jas kuning tadi. 

Aku mendapat beberapa teman baru setelah ke sana. Ada Afifah yang aku kenal saat di FKUI Depok. Aku juga kenal dengan Awi, Icha, dan teman-teman lain. Ada juga teman-teman dari grup 12 seperti Magda, Nadia, dkk. Juga ada Nasya yang aku kenal paling terakhir. 

Terima kasih kakak-kakak panitia! Sampai bertemu di try out nanti teman-teman!

11 k○mentar:

Dunia Ely mengatakan...

senang ya dapat teman baru banyak

kakcipa mengatakan...

Iya Mbak.. alhamdulillah. Kirain gak bakal dapet temen banyak, tapi ternyata dapet kenalan lumayan banyak dan mereka baik-baik, lagi.

cara mengobati pegal linu mengatakan...

asyiknya dapat teman baru mudah mudah lancar semuanya

ricalinu mengatakan...

kunjungan pagi sifa

Neivin mengatakan...

Wah, itu deket sama SMP kuk dulu Kak... Gak kerasa yah udah kuliah Kak. Seru yaa pengalamannya. Salam berkunjung :)

Syifa Aulia mengatakan...

Gitu ya... Beluuum Neiviiin in sya Allah tahun depan, doakan yaaaa! Makasih kunjungannya, sobat!

Hendra W. Nugraha mengatakan...

terus jadi masuk FKUI nih?

kakcipa mengatakan...

Hehehe, sepertinya jurusan yang menjadi passion saya bukanlah Pendidikan Dokter. Saya belum kuliah, in sya Allah tahun depan.

cara mengobati pegal pegal mengatakan...

mantap banget deh infonya

cara mengobati rematik mengatakan...

kunjungan pagi yang bermanfaat sekali

Obat Sakit di persendian mengatakan...

terimakasih informasinya sangat bermanfaat sekali .

Posting Komentar

Makasih udah baca :)

Diberdayakan oleh Blogger.