Sabtu, 28 September 2013

Kalau Sudah Menyontek, Terus?

Menyontek, siapa yang tidak pernah? Bekerja sama dalam menyontek, seperti memberi contekan, mungkin?

Kita menyadari kalau menyontek itu tidak baik. Namun, dalam kenyataannya dalam kehidupan pelajar, kok masih banyak aku melihat perbuatan ini?
Aku aja nggak pernah nyontek -Mami Yuyi


Pelajar yang lebih rajin bisa kalah prestasinya dengan yang kurang rajin tetapi menyontek. Memang, aku sangat setuju kalau sekolah bukan sekedar untuk itu. Namun, coba pikirkan kembali, apakah itu pantas? 

Menyontek bisa saja mengajarkan hal yang buruk. Misalnya, ada siswa yang menyontek mendapatkan nilai yang bagus. Sementara yang tidak menyontek nilainya jelek. Bukan, aku sendiri tidak menghimbau teman-teman untuk senang dengan nilai yang kurang (maksudnya harus diperbaiki). Ini masalah menyonteknya. Menyontek juga mengajarkan otak kita untuk mengandalkan cara yang tidak baik. Parahnya, sekali lagi, ini sudah biasa. Dan masih banyak akibat buruknya.

Nah, kalau kalian ingin menghentikan kebiasaan itu (pasti bisa!), walaupun kalian mungkin sudah terbiasa menyontek, atau yang kadang-kadang saja, jangan takut untuk mengubahnya. Aku juga bukannya sama sekali nggak pernah nyontek dan memberi contekan. Kalau kita melakukan suatu kesalahan, saat ini juga bisa kita perbaiki, kan? Bismillah. Jujur saja!

4 k○mentar:

Rustam Effendi mengatakan...

Menyontek adalah perbuatan menipu diri sendiri yg dlm jangka panjang berdampak buruk pd diri sendiri yaitu berbuahnya sifat malas.

syifaaulia (kakcipa) mengatakan...

Yang nggak nyontek saja kadang malas, bagaimana yang menyontek. Kejujurannya juga kena imbas. Tapi kalau bertobat mudah-mudahan nggak :).

Anonim mengatakan...

bikin nyesek ketika temen yg selalu nyontek rankingnya lebih tinggi dari aku yang mati-matian belajar dan nggak nyontek >.<

Syifa Aulia mengatakan...

Anonim... Pertahankan prestasimu itu! Bukankah di mata Allah belajar sungguh-sungguh dan jujur itu lebih baik daripada tidak jujur? Bukankah Allah Maha Melihat? Semua amal dicatat oleh malaikat?
Tambahan, nih, nanti saat UMPTN (kalau ikutt) tidak ada yang namanya nyontek, lho. Kamu gak tahu sebelahmu siapa. Ohya, belajar kan bukan semata-mata untuk nilai :)

Posting Komentar

Makasih udah baca :)

Diberdayakan oleh Blogger.