Kamis, 20 Juni 2013

Pesan untuk Blogger Pemula

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh! Apa kabar? Apakah kamu blogger pemula? Aku termasuk pemula juga tapi nggak pemula banget. Karena itu, aku mau menyampaikan beberapa pesan untuk yang masih pemula (baru-baru ini membuat blog). Hehe, terinspirasi sama adikku yang baru saja membuat blognya


Pertama, aku mau bilang selamat! Karena, kamu bisa memanfaatkan blogger untuk banyak hal. Manfaat blog yang aku pribadi rasakan itu cukup banyak. Bisa sharing tulisan dan berteman. Seru banget. Bisa belajar mengedit (bukan membuat, sih) HTML dan desain blog. Suka banget. Bisa menambah ilmu. Iya juga. Bisa melihat perkembangan tulisan. Benar juga. 

Namun, ada beberapa hal pesan, nih. Walaupun aku nggak ahli, aku bisa memberi sedikit pesan nih buat kalian. Ini berdasarkan pengalamanku saja selama blogging.

__________


Pertama, nggak usah bingung. Mungkin, beberapa dari kalian ada yang bingung. Gimana sih cara ganti ini? Gimana sih cara bikin itu? Lama-lama kalian mengerti, kok (asal mau). Caranya bagaimana? Mencari informasi dari internet. Kita semua banyak yang dari nol, aku rasa. 
__________


Kedua, hati-hati. Maksudku, nggak usah menyebarkan data pribadimu di blog. Misalnya alamat rumah ditulis. Waduh. Sekarang banyak kejahatan. Tapi nggak usah berlebihan takutnya, sih. 
__________


Ketiga, sabar. Kok blogku nggak ada yang mengunjungi? Mungkin itu pikiranmu. Ingat, kamu baru membuat blog yang masih kosong atau isinya sedikit. Kurang mungkin kan kalau tiba-tiba banyak pengunjungnya. Jadi, tulis aja dulu postingan. Tentang apa? Cerpenmu, misalnya. Suka fotografi? Boleh diposting.
__________


Keempat, tulisanmu jangan melanggar aturan. Melanggar aturan disini adalah... Ya, seperti SARA dan pornografi. Selain itu, kalau kamu copy and paste dari blog lain, tulis sumbernya, deh. Dulu tuh, aku nggak nulis sumber karena ketidaktahuanku. Ingat juga, kalau kamu menulis tentang agama, jangan sampai tidak benar, ya... Karena itu akan dipertanggung jawabkan. Bahkan, tulisan yang sejenis tulisan ini pun juga. Tapi jangan terlalu berlebihan menyikapinya. Semua bisa diatur dengan baik. 
__________


Kelima, kalau ada yang mengejek, sabarlah. Pengalaman banget, nih. Pernah ada komentar yang aku benci karena aku pernah copy paste tanpa menulis sumber (dulu aku nggak tahu). Ya... sabar aja. Pernah juga, di shoutmix ada pesan-pesan yang nggak banget, deh! Isinya fitnah bahkan ada yang mengarah ke pornografi. Ada juga yang marah-marah. Ada juga yang identitasnya palsu dan mengejek blogku. Akhirnya, aku mengejek balik dengan parah dan ternyata salah orang. Miris, kan? Lebih baik memaafkan dan berpikir positif.
__________


Keenam tapi yang paling penting dan seharusnya nomor satu, sertakan niat baik dalam blogging. Aku sendiri sih, belum terlalu bisa membuat blog ini bermanfaat. Ya... Memaksimalkan fungsi dari fasilitas yang diberikan. Kita bisa blogging. Berarti, bisa berbagi lewat sini. Berarti bisa mencari rida Allah lewat sini. Bukankah itu visi kita? Gimana contoh berbagi? Tahu dong, kalian. Misalnya, menulis motivasi untuk pembaca supaya bermafaat. 

__________


Kurasa itu saja. Kalau kebanyakan, kayak mendikte, hihihi... Tapi ini lumayan banyak. Dan aku nulisnya nggak terlalu kaku kayak tulisan kemarin-kemarin? Hehe, lagi santai, nih. Sekolahku lagi libur hari ini, sih! Hehe... Santai banget, ya gayanya? Nggak apalah, ganti-ganti style. Duh, kayak ngerti saja. Hehe...

Oke deh, daripada nyambung ke masalah itu, kita akhiri postingan ini. Makasih sudah membaca. Jadilah blogger yang baik, kita pasti bisa. Semangat, ya!

Photo Credit, David Niblack, Imagebase.net.

2 k○mentar:

Rustam Effendi mengatakan...

Semakin lama tulisan kakcipa semakin mengalir. Bravo, top markotop. ALHAMDULILLAH.

syifaaulia (kakcipa) mengatakan...

@Abi : Alhamdulillah makasih Bi! Doain biar Kakak bagusnya nambah...

Posting Komentar

Makasih udah baca :)

Diberdayakan oleh Blogger.