Sabtu, 03 Maret 2012

Bahasa Prancis (Salam 1 & Menanyakan Kabar)

Assalamualaikum!
Aku kan sudah belajar Bahasa Prancis, jadi aku ingin membagikannya juga pada kalian lewat blog ini. Basmalah dulu sebelum belajar, bismillahirrahmanirrahim.


Belajar bahasa sebaiknya mendengar dulu, bukan? Cobalah ikuti kata-kataku. Ulangi, ya!  *ini bukan mendengar sih
Bonjzu...... Salu....... Bongsoa.......
Madmozel..... Messyu...... Madam.........
Komong sava......... Biang.......... Tre biang........
Mersi.......
Et-toa........ Evu...........
Oreva........ dll (dengar di google translate aja hehehe)

Salutation berarti menyapa gitu, deh. Seperti selamat pagi, siang, dsb. Ada juga sampai jumpa, dsb. Nah, ini dia yang sudah kupelajari.

Qonita : Bonjour!
Hasna : Bonjour, Mademoiselle Qonita! Comment ça va?
Qonita : Ça va bien, merci. Et toi?
Hasna : Bien.. 

Nah, setelah Qonita dan Hasna bertemu, mereka berpisah. DENGAR atau lihat CARA BACANYA DULU!

Hasna : Au revoir, Qonita!
Qonita : Au revoir..!


Salam
Qonita dan Hasna adalah sahabat. Sebenarnya, mereka bisa saja menggunakan salut karena sebaya. Akan tetapi, suka-suka mereka.

Bonjour  : selamat pagi, siang, atau sore
Salut SALU  : ucapan selamat pada teman sebaya
Bonsoir BONGSOA: selamat malam



Kalau perpisahan, bisa pakai...
Au revoir
à demain
Dan lain-lain. Tapi saya hafalnya cuma dua, hehehe.




Menanyakan Kabar
Hasna : Bonjour, Mademoiselle Qonita! Comment ça va?
Qonita : Ça va bien, merci. Et toi?
Hasna : Bien, merci..

Yang berwarna merah itulah.. Comment ca va berarti bagaimana kabarmu. Bien : baik.

Huruf tebal : kira-kira cara bacanya.
Mau bertanya kabar?
Comment ça va? KOMONG SAVA?
Ça va?
Dan masih banyak. 


Menjawab pertanyaan
Bien (baik) BIANG
Très bien (sangat baik) TRE BIANG
Pas mal


Bertanya balik (kalau kamu)
Et-toi? ET TOA?   : ke teman
Et-vous? EVU?     : kepada yang lebih tua

Terima kasih
Merci (terima kasih) MERSI
Merci beaucoup (terima kasih banyak) MERSI BOKU


Kalian penasaran nggak sama kata Mademoiselle? 
Mademoiselle MADMOZEL
Monsieur MESSYU
Madame MADAM


Hehehe, maaf ya masih banyak kekurangan.

5 k○mentar:

Anonim mengatakan...

Wah, keliatannya susah banget. Tapi, bagaimanapun susahnya...kalau suka, Insya Allah, bisa. Karena bahasa itu, ketrampilan yg perlu dilatih dan dipraktekan. Semakin suka semakin sering mempraktekkannya. Barakallah buat kakcipa.

en-emy mengatakan...

permisi,
lagi iseng baca2 blog ini :)
pernah pengin belajar bahasa prancis.
kebetulan punya teman asli situ.
tapiiii, langsung desperate pas belajar abjadnya.
ngucapin bbrp hurufnya aja saya ga becus.
mungkin, nanti niat belajarnya muncul lagi. hehehe

obat herbal diabetes mengatakan...

makasih infonya gan...

jus kulit manggis mengatakan...

maaksih ya gan infonya, manfaat banget nih :)
ijin nyimak yang lainnya ya :)

Syifa Aulia☺ mengatakan...

@Anonim: Right! Makasih ya, ini pasti ayahku? Abi ya? Gampang kok, belajar sedikit demi sedikit...
@En-Emy: Masih ada kah rasa ingin belajar itu? Jangan cepat putus asaaaaa.... semua bisa dipelajari. Dari bonjour dulu aja hehehe..Makasih sudah mengunjungi blog KakCipa.
@obat&jus: oke.

Posting Komentar

Makasih udah baca :)

Diberdayakan oleh Blogger.