Jumat, 30 Maret 2012

Suka Duka Blogging

Assalamualaikum, akhi dan ukhti.. Kaifa haluk? 
Tiba-tiba saja aku ingin menulis suka-duka blogging. Tulisan ini.. kutulis karena aku mendapatkan ide dari..
Dwiyasti[official]: Kakak, suka blogging nggak nih? =(
Itu.. dari sobatku Dwi, dia sudah mengarang novel, lho! Salah satu bukunya : Beautiful Music.
Klik spoilernya, ya.. Bismillah.
Aku mulai blogging sejak bulan Mei tahun 2009. Sebelumnya, aku benar-benar tidak tahu apa-apa tentang blog (baca aja profil). Sekarang sudah Maret 2012. Wah, sudah hampir 3 tahun aku menjadi blogger. Tentu saja ada suka dan duka selama blogging... Menurut pengalamanku, inilah suka-dukanya (kalian para blogger juga boleh membuat postingan ini lho!)
Suka ♥
  • Ngeblog itu bisa berbagi dengan siapa saja di seluruh dunia. Tulisan kita, bisa dilihat semua orang! Tapi.. ada tapinya. Menambah kreativitas menulis, mengarang, dll.
  • Bisa berteman bahkan bersahabat.. Sekarang saja, aku memiliki sahabat-sahabat yang baik. 
  • Jadi desainer blog.., utak-atik HTML.. Kode-kodean.. 

Duka ○
  • Kita bertanggung jawab sama tulisan kita juga lho.., sepertinya aku pernah menulis ketika aku sedang marah-marah. Aku juga merasa pernah menulis informasi yang salah. Tetapi, sudah diperbaiki. 
  • Dapat pesan 'aneh' melalui CBox, yang mengejek, bilang sebal sama aku, bahkan jorok! Makanya, CBox aku nggak semua orang tahu. Ya.. bisa saja, sih. Buktinya, banyak spam.
  • Dicopas besar-besaran. Aku pernah, banyak banget isi blogku yang dicopas. Sayangnya, aku lupa nama blog itu. Sudahlah, kata abiku juga seharusnya aku bangga. :)
  • Kalau lupa waktu, gawat! Makanya dibatasi..

However, aku suka ngeblog. Pesanku untuk blogger lain :
  • Kalau ada yang 'aneh-aneh' di cbox, biarkan saja. Jangan malah diejek.. nanti salah orang, lho.. (pengalaman)
  • Ingat waktu, jangan sampai lupa ibadah, belajar, dl. Dibatasi saja, ya!
  • Tulis hal-hal yang baik dan bermanfaat (wah, ini aku juga masih kurang)
  • Jangan berlebihan dalam menghias blog.

Bila diperhatikan, kok DUKAnya lebih banyak, sih? Padahal, aku rasa SUKAnya lah yang paling banyak. Hehe.. Mana suka-duka kamu?

Minggu, 25 Maret 2012

Penyemangat

  • Mulailah sesuatu dengan basmalah, akhiri dengan hamdalah. 
  • Hari ini harus lebih baik daripada hari kemarin. 
  • Mulai hiasin hari dengan tersenyum (Kak Ria) 
  • Itulah gunanya belajar. Dari yang tidak tahu menjadi tahu. Jangan menyerah, kamu sedang belajar dan kamu akan mengerti. 
  • Jangan sampai kita hanya menjadi orang biasa-biasa saja di dunia ini.
  • Jangan sombong, semua bisa hilang bila Allah berkehendak.
  • @ScholarshipsGL You do not have to be great to start, but you have to start to be great

Jumat, 23 Maret 2012

Menunggu Lebih Baik

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh!
Judul yang ambigu, ya? Nggak juga sih..eh, atau iya? Sudahlah. Sebenarnya aku hanya mau cerita tentang hari ini.

Sebelumnya, aku menerima pesan dari Mimi, kalau hari ini  anak ekstrakurikuler seni sastra akan melanjutkan pekerjaan membuat 'persembahan' untuk sekolahku yang akan ulang tahun. Dalam pesan tersebut, waktu berkumpulnya adalah jam 9 pagi. Tahu tidak tahu tidak, aku menunggu sampai 1 jam 30 menit lebih sedikit, baru ke rumah ... Kak Anbiya (perempuan lho!). Dari situlah aku memutuskan judul posting ini. Ya.. datang tepat waktu lebih baik daripada telat. Menunggu lebih baik daripada ditunggu. Itu, sih, menurutku.. Pada awalnya aku sangaaat kesal. Tetapi, lama-lama enggak. Ya, kesal sedikit :(

Aku dan teman-teman naik angkutan umum. Kami tiba pada siang hari (ya iya lah!) ,tetapi belum azan. Nah, di sana itu masih meributkan soal catnya. Kok tidak bisa-bisa sih, yang pakai sisir dan sikat gigi? Sepertinya ada yang salah, mungkin catnya yang kurang cocok. Akhirnya, kami memutuskan untuk memakai kuas. Tiba-tiba seseorang datang,.Oh ternyata Kak Anbiya (perempuaan lhoo), -mungkin orang tuanya- memesankan makanan. Wah, kok repot-repot, merci beaucoup.. Hehehe.. Setelah makan, aku salat.

Persembahannya itu, kain ditulisi "Artchipelago" (nggak salah, kok, memang ada 't' nya). MEMANG aslinya : ARCHIPELAGO, tetapi karena sesuatu, jadi artchipelaggo).. Tulisan Artchipelagonya itu pakai sablon yang sudah kami buat sebelumnya pada hari Rabu. Wah, tapi sebelumnya kain putih harus dicelupi pewarna pakaian dahulu, ya! Setelah diwarnai dan dijemur, dicetak sablon deh. Warna-warni, lho.. Karena kuasnya banyak, mewarnainya bersama-sama. Aku memilih merah muda bersama Yani. Setelah itu aku dan beberapa kawan mengumpulkan daun-daun kering untuk dijadikan hiasan. Wah, penuh hiasan.

Seru, ada kucingnya. Ada dog juga, ckck.. Bajuku sedikit kotor kena cat. Tanganku juga terpaksa aku kenakan sedikit -apa itu namanya, cairan yang berfungsi menghilangkan cat? Pokoknya dingin dan sedikit sakit! Keras, sih.. hm, apa nggak bahaya ya? Tapi, nanti kalau menutupi tangan, gimanaaa?-.

Hey, walau sesingkat itu, PULANGNYA MAGRIB! Aku sampai lari-lari, karena sudah azan Magrib. Kata Umi, jangan sampai magrib. Kalau Umi marah? Ternyata Umi tidak marah :)

Maaf karena tulisan diary masih acak-acakan, sejak dulu memang tulisan diaryku yang ribet itu acak-acakan. Jazakumullah khairan, thanks, terima kasih sudah membaca hariku pada hari ini.

Sabtu, 03 Maret 2012

Bahasa Prancis (Salam 1 & Menanyakan Kabar)

Assalamualaikum!
Aku kan sudah belajar Bahasa Prancis, jadi aku ingin membagikannya juga pada kalian lewat blog ini. Basmalah dulu sebelum belajar, bismillahirrahmanirrahim.


Belajar bahasa sebaiknya mendengar dulu, bukan? Cobalah ikuti kata-kataku. Ulangi, ya!  *ini bukan mendengar sih
Bonjzu...... Salu....... Bongsoa.......
Madmozel..... Messyu...... Madam.........
Komong sava......... Biang.......... Tre biang........
Mersi.......
Et-toa........ Evu...........
Oreva........ dll (dengar di google translate aja hehehe)

Salutation berarti menyapa gitu, deh. Seperti selamat pagi, siang, dsb. Ada juga sampai jumpa, dsb. Nah, ini dia yang sudah kupelajari.

Qonita : Bonjour!
Hasna : Bonjour, Mademoiselle Qonita! Comment ça va?
Qonita : Ça va bien, merci. Et toi?
Hasna : Bien.. 

Nah, setelah Qonita dan Hasna bertemu, mereka berpisah. DENGAR atau lihat CARA BACANYA DULU!

Hasna : Au revoir, Qonita!
Qonita : Au revoir..!


Salam
Qonita dan Hasna adalah sahabat. Sebenarnya, mereka bisa saja menggunakan salut karena sebaya. Akan tetapi, suka-suka mereka.

Bonjour  : selamat pagi, siang, atau sore
Salut SALU  : ucapan selamat pada teman sebaya
Bonsoir BONGSOA: selamat malam



Kalau perpisahan, bisa pakai...
Au revoir
à demain
Dan lain-lain. Tapi saya hafalnya cuma dua, hehehe.




Menanyakan Kabar
Hasna : Bonjour, Mademoiselle Qonita! Comment ça va?
Qonita : Ça va bien, merci. Et toi?
Hasna : Bien, merci..

Yang berwarna merah itulah.. Comment ca va berarti bagaimana kabarmu. Bien : baik.

Huruf tebal : kira-kira cara bacanya.
Mau bertanya kabar?
Comment ça va? KOMONG SAVA?
Ça va?
Dan masih banyak. 


Menjawab pertanyaan
Bien (baik) BIANG
Très bien (sangat baik) TRE BIANG
Pas mal


Bertanya balik (kalau kamu)
Et-toi? ET TOA?   : ke teman
Et-vous? EVU?     : kepada yang lebih tua

Terima kasih
Merci (terima kasih) MERSI
Merci beaucoup (terima kasih banyak) MERSI BOKU


Kalian penasaran nggak sama kata Mademoiselle? 
Mademoiselle MADMOZEL
Monsieur MESSYU
Madame MADAM


Hehehe, maaf ya masih banyak kekurangan.

Jumat, 02 Maret 2012

Rukun Islam & Rukun Iman

Rukun Islam ada 5, yaitu..
  1. Syahadat
  2. Salat
  3. Puasa
  4. Zakat
  5. Haji (bila mampu)
Hadisnya. Pasti sudah pada tahu..  Tapi sebetulnya kebalik nggak sih antara puasa dengan zakatnya?

Rukun Iman ada 6, yaitu..
Dalil : Q.S An-Nisa ayat 136.
  1. Iman kepada Allah
  2. Iman kepada malaikat
  3. Iman kepada kitab
  4. Iman kepada Rasul
  5. Iman kepada hari kiamat
  6. Iman kepada takdir Allah

Diberdayakan oleh Blogger.