Jumat, 30 Desember 2011

Ikut T.A. Memang, Seru!

Nyalakan apimu, kobarkan semangatmu..
Hilangkan malasmu, eratkan ukhuwahmu..
Ikut T.A. memang, seru!
Ikut T.A. memang, mantap!
lagi!

Kamis, 29 Desember 2011

Tag dan Award Akhir Semester

Postingan award dari Aisyah .. dan tag dari Hasna.. :D Thanks untuk award dan tagnya, ya! Dinamakan akhir semester karena ini memang akhir semester, kan? Lihat ya ..

Sabtu, 24 Desember 2011

Cara Menampilkan Gambar Berlink

Lihat, banner ini sebenarnya hanyalah gambar yang bisa diklik.

Blog Seru KakCipa
Aizyah Cute mengatakan...
Kak Syifa, aku mau tanya nih, gimana caranya nampilin gambar ber-link? Ada html khusus? Kok saat aku mau pasang link kakak di laman, munculnya hanya html dan bukan gambar? Hugs, Aisyah.

Sebenarnya sudah aku jawab, tapi belum ada jawaban balik. Makanya, aku posting. :)


Caranya
Kode image adalah..

Sedangkan kode link adalah...

Nah, kalau mau gambarnya punya link, tinggal jadikan..
Kan tulisannya keganti sama gambar toh? Tapi punya link?

Contohnya,


N.B. : Mau ke halaman baru? Tinggal dikasih kode, silakan tanya kalau penasaran.

Jumat, 23 Desember 2011

Tips Libur Akhir Semester

Aku hari ini libur sekolah, walaupun belum libur panjang (Senin-Rabu tafakur alam), tapi aku yakin pasti teman-teman sudah banyak yang libur, ya? Ada sedikit tips nih.. sebelumnya aku juga pernah baca di wall sahabatku waktu SD di Mojokerto, Husna.. yang intinya : liburan bukan untuk berleha-leha, tetap semangat!



Tips liburan AS dari KakCipa..
  • Jangan lupa belajar buat semester genap. Agar kamu menguasai materinya, kan jadi lebih ringan? 
  • Punya hewan? Sudah kontrol hewanmu belum? 
  • Periksa kesehatan.
  • Potong /cukur rambut, rambut pendek menurutku lebih enak, ya kan? Eits, bukan berarti nggak pakai jilbab. Pakai jilbab itu kan wajib!
  • Bermain dengan hewan tetapi harus bersih. Kalau kurang bersih nanti bisa sakit.. 
  • Liburan di rumah juga enak, tapi jangan nonton TV terus!
  • Aha, bersih-bersih apa yang ada di rumah. Islam itu bersih. Atau rapi-rapi. Lebih bersih dan rapi, lebih nyaman!
  • Ngeblog juga oke, tapi jangan sampai berjam-jam #dibatasi. Lagian bosan, kan, kalau berjam-jam!
  • Buat yang suka menulis bisa menulis apa pun yang bisa dibukukan, bukan?
  • Membaca.. khatam.. Alquran!
  • Penting dan bukan hanya pada liburan doang, berdoa.
  • Paling penting, senang atau sedih, ingat Allah! Ibadah jangan pernah dilupakan. Apalagi yang wajib, seperti salah satunya salat 5 waktu.
  • Lakukan kegiatan bersama keluarga.. keluarga jangan dilupakan juga, dong. Terutama orang tua.
Semoga bermanfaat, ya.. Itulah sedikit tips dariku. Silakan bila ingin mengkritik atau menambahkan.. ^^ 

Minggu, 11 Desember 2011

Majas-Majas

Majas, menurut KBBI adalah..

Cara melukiskan sesuatu dengan jalan menyamakannya dengan sesuatu yg lain; kiasan (kamusbesarbahasaindonesia.org)


Definisi singkatnya.. (kalau kurang jelas mungkin bisa dicari di KBBI?)
  • Metafora    : perbandingan secara langsung, misalnya kalian adalah tunas bangsa. Tunas bangsa adalah perumpamaan, bukan? Lalu untuk mengungkapkannya tidak digunakan laksana, bagai, bak, dsb.
  • Asosiasi      : hampir sama seperti metafora, tetapi asosiasi adalah perbandingan secara tidak langsung, misalnya matamu bagai venus. Venus adalah perumpamaan, mungkin karena indah. Dan untuk mengatakannya digunakan kata 'bagai'.
  • Hiperbola  : melebih-lebihkan.
  • Ironi         : sindiran yang mengungkapkan hal yang berlawanan. Misalnya, tulisan kamu besar banget sih, aku sampai kesulitan membacanya. Tulisannya besar kok bacanya sulit? Sebenarnya tulisannya kecil sekali, lho!
  • Litotes       : singkatnya merendahkan. Misalnya mampirlah ke gubukku, padahal rumahnya itu luas dan mewah sekali.
  • Sinekdoche 
    • Part pro toto : sebagian untuk semua. Contohnya batang hidungnya belum terlihat sejak tadi. Padahal, yang dimaksud bukan hanya batang hidungnya.
    • Totem pro parte : semua untuk sebagian. Misalnya Indonesia kalahkan lawannya pada pertandingan voli kemarin. Indonesia? Memangnya semua orang Indonesia ikut bertanding? Hanya tim tertentu, bukan?
  • Sinisme   : sindiran yang paling halus. Misalnya, nih Ani mengadakan kerja kelompok di rumahnya. Sudah sejak pagi, sekarang sudah sore namun teman-temannya belum diberi makan. Salah seorang teman berkata, "Ani, ibumu nggak masak?" Nah, itu salah satu contoh sinisme. Pengecualian bila itu memang pertanyaan..
  • Sarkasme : sindiran yang paling kasar. Misalnya, bo*** kamu mendapat nilai 60! Sst, jangan pernah ditiru!
  • Personifikasi  : benda tak hidup seolah melakukan hal yang dilakukan makhluk hidup / manusia gitu deh... contohnya pohon itu melambai-lambai. Memangnya bisa? Oh tidak.. itu adalah perumpamaan untuk pohon yang sedang tertiup angin, pasti bergoyang-goyang, bukan?
  • Pleonasme    : menegaskan. Misalnya darah merah itu mengalir di pipinya. Darah ya merah? Masa hijau, biru, atau hitam? Nggak kan? Contoh lain.., cepat maju ke depan. Maju ya ke depan, masa ke belakang? Hmm, sebenarnya maju ke depan itu juga kalimat yang kurang efektif.. atau tidak efektif, ya?
Mohon maaf bila ada yang salah... silakan protes kalau ada yang kurang tepat. Aku suka lho pelajaran tentang majas kayak begini. Ada yang mau menambahkan? Silakan di kotak komentar. Semoga bermanfaat.

Diberdayakan oleh Blogger.