Rabu, 11 Mei 2011

Tanya Jawab Bahasa Indonesia

Kita atau kami? Tergantung, kalau kita, yang diajak ngomong ikutan.
Dirahasiakan atau di rahasiakan? Dirahasiakan, karena kalau bukan nama tempat, tidak pakai spasi.
Dimakan atau di makan? Dimakan.
Kali lain atau lain kali? Kali lain.
Kali pertama atau pertama kali? Kali pertama.
Di mall atau dimall? Di mall, kan kalau nama tempat pakai spasi.
Walau pun atau walaupun? Walaupun.
Apapun alasannya atau apa pun alasannya? Apa pun alasannya.

Kata-kata
Apotik atau apotek? Apotek.
Rapor atau rapot? Rapor.
Merubah atau mengubah? Mengubah.
Photo Copy atau fotokopi? Fotokopi.
Aritmetika atau aritmatika? Aritmetika.
Jumat atau Jum'at? Jumat.

Segitu saja, deh! Sebagian besar aku tahu dari Bee Magazine, ada juga yang dari guruku. Ada juga yang dari internet. Ada juga yang aku tahu sendiri entah dari mana aku lupa.

17 k○mentar:

Happy Fibi (◕‿◕✿) mengatakan...

pertamax,, dek ^^

Soal apa itu?? Soal ulangan kamu, ta, Dek??
Yg soal pertama (kami atau kita) dulu q jug apernah dapet soal kyk gitu, lo..
Hehe..

Ternyata walopun jamannya beda, tetep ndak jauh2 amad, y :DD

kakak ♥ syifa ♥ aulia ♥ mengatakan...

Bukan,kak!Ini cuma kasihtau aja, biar yang belum tahu jadi tahu.

makasih ya kak fibi suka komentar..

Onna mengatakan...

Good...

Penggunaan kata-kata baku dalam bahasa Indonesia
memang perlu dijelaskan, biar ga salah kaprah...

kakak ♥ syifa ♥ aulia ♥ mengatakan...

Iya..tapi aku juga suka bingung sih kalo D I S I N I itu yang bener DISINI atau DI SINI.

wawank mengatakan...

Belajar..belajar ..belajar..

Ayo belajr bhasa Indnesia yg baik dn benar..!

kakak ♥ syifa ♥ aulia ♥ mengatakan...

Iya! Ayo...tapi soal UN SMP kebanyakan gagasan utama, pikiran utama/pokok, gitudeh yang bingungin ya!

Rustam Effendi mengatakan...

bagus kak, jadi mengingatkan abi pas lagi buat nota dinas di kantor. pengetahuan bhs ind harus diamalkan, soalnya kalo gak diamalkan sehari hari, jadi pelajaran yg sulit. setuju?

kakak ♥ syifa ♥ aulia ♥ mengatakan...

Bagus, bagus. Setuju...
Makasih ya Abi komentar!!

Anonim mengatakan...

shrsny:


Kali lain atau lain kali? Lain kali.
Kali pertama atau pertama kali? Pertama kali.





Jumat atau Jum'at? Jum'at.

(sdkit koreksi kl mnyinggung y sorry)

kakak ♥ syifa ♥ aulia ♥ mengatakan...

@Anonim: masa sih? Kata guru aku lhoh JUMAT. Terus aku liat di majalah yang kali lain n pertama kali, soalnya emang banyak orang yg udah menyimpang dr EYD. Coba liat di KBBI :)

Anonim mengatakan...

bhs arabx gt koq trsrah deh!

Padmi Yuna mengatakan...

ijin copas ya supaya jadi pancingan untuk materi yg lebih detil di blog saya.

Syifa Aulia☺ mengatakan...

@Padmi:dengan senang hati

jelly gamat luxor mengatakan...

bukannya yang bner itu jum'at ya?
saya masih bigung..

Anonim mengatakan...

Yang betul Jum'at, dibaca Jum 'at. Jika ditulis Jumat, orang awam bisa membacanya Ju mat.

jeffrey mengatakan...

dinamakan = to be named
dina makan = dina eats hehe

Syifa Aulia mengatakan...

@Jelly : Iya, dalam Bahasa Arab. Dalam Bahasa Indonesia lain lagi.
@Anonim : Silakan cek di google.
@Jeffrey : Bisa saja.

Posting Komentar

Makasih udah baca :)

Diberdayakan oleh Blogger.