Minggu, 14 Maret 2010

Cara Membuat Tema Template Minima

Mau, buat template sendiri? Tepatnya sih tema.. Gampang caranya! mau?TELITI! nanti blog kamu bisa 'rusak' kalo salah. Sebelumnya download dulu ya kode templatenya!
Dan maaaaf banget kalau ada yang salah.. 
Bismillah...ini tutorialnya...

UPDATE : Ini sudah jadul sekali. Sekarang, di template blogger ada cara yang lebih gampang. Tinggal klik template simple, ganti background, deh. Jadi, mungkin ini sudah tidak berlaku. Namun, masih bisa diutak-atik kayaknya.
Rumus :
  • Teliti
  • Niat
  • Jangan berlebihan
  • Menarik
  • Tulisan enak dibaca!

Cara Membuat Template:

--> Pilih template MINIMA

--> Lalu ganti BACKGROUNDnya:
- edit HTML > cari kode body {  (di atas atas) dan tepat dibawah kode tersebut ganti kode background:$bgcolor;     dengan kode :

background:url(URLBACKGROUND) fixed;

URLBACKGROUND ganti dengan URL background pilihan kamu!
bagi yang belum tahu >>> Background : Latar Belakang


--> Ganti headernya:
- elemen halaman > edit header > upload gambar header dan ingat, headernya yang pas! kalau bisa backgroundnya putih atau warna yang sederajat biar terkesan 'transparan' yang bagus ya....sederhana backgroundnya putih jangan keramean kalau kata kakcipa!


---> Hapus batas header

dari dias : blogger => elemen halaman >> perancang template >> advanced >> warna batas >> transparan / putih




---> Outer Wrapper

Background area sekitar postingan, setelah benar akan bisa terpisah dengan background luar.

Kalau tidak diganti outer wrappernya bisa kacau lho, backgroundnya sama aja, lebih baik ada putih putih itu biar tulisan mudah dibaca!T.A.P.I...boleh juga pakai GAMBAR. tapi ingaaaatt....jangan sampe tulisannya nggak keliatan,ya!







makanya kita perlu mengedit outer wrappernya, cara:
cari kode
#outer-wrapper 
lalu, perhatikan gambar ini dulu!!



nah, setelah text-align: left; itu, kamu copaskan ini :
background: #ffffff;
NB : ffffff silakan ganti dengan warna cerah lainnya, atau image,tapi yang kelihatan ya tulisannya!

jika sudah benar, maka jadinya seperti ini (ada outer wrappernya) kelihatan kan bedanya!?







---> Border *optional*



cara :
edit HTML (biasaaa..) => cari kode
#outer-wrapper {
nah, kan tadi kamu sudah tambahkan
background: #ffffff;
dibawah kode itu kamu copaskan ini :
border: 4px solid #008000;

4 (4 pixel ketebalannya) : ganti kalau mau misalnya tipis 1px, sedang 3px, dll.
008000 (kode warna hijau) : warnanya ganti aja, ya! sesuai sama keinginan kamu, untuk kode warna bisa lihat disini
 Solid : jenis bordernya, selain solid, bisa juga diganti sama : 
- dashed = garis putus-putus..
- outset / inset
- dotted ... okeh!?

dan, biar kalian gak salah, kasih keterangan gambar deh!
sekian!!
belum berhasil? mungkin kurang teliti?
semoga berhasil!!
maaf jika ada KESALAHAN namun ini sudah DIUJICOBAKAN....! lihat aja di kakcipaa blogspot! blog kelinci percobaan



Tapi nggak harus ini,lah,kan kita juga bisa pake template buatan orang lain yang bagus-bagus juga :) atau template blogger yang bagus2 juga!
bila ada kesalahan mohon maaf.

22 k○mentar:

Rizky2009 mengatakan...

wah keren kak templatenya, kapan2 bikin dong template 1 kolom

Annida Miftakhul Farodisa mengatakan...

ukuran bannernya brp??320x99 yaa??

♥ syifa ♥ aulia ♥ 'kakcipa' ♥ mengatakan...

@K Rizky : kalo 1 kolom terlalu sederhana,kak! oke juga,sih..tapi belum tau caranya.
@Nida : terserah,yang pas.

Welcome To Purple! mengatakan...

KakCipa, aku Aqilasalsa di MP, Piluh template MINIMA yg mana kak? Mhn jawabannya ya!

Syifa mengatakan...

halo, kak ..! syifa nggak sengaja nemuin blog ini, artikel kakak bagus bagus, deh! :)

kakak ♥ syifa ♥ aulia ♥ mengatakan...

Syifa makasih ya...

NΣIVIN mengatakan...

aduhh kak...aku pusyingg jadinyaaa....:{

Chocho-- Flora mengatakan...

Thanks KaSyifa, kalau misalnya bikin header itu ukurannya berapa yang pas dan kelihatan enak dipandang? thanks :)

kakak ♥ syifa ♥ aulia ♥ mengatakan...

@neivin:ayo berusaha :}
@chocho flora:iya.. berapa ya? hehehe..sekitar 590x190, coba2 aja :)

Merry Dila mengatakan...

Hai, aku teman Dwi. Makasih ya, tips nya =)

kakak ♥ syifa ♥ aulia ♥ mengatakan...

Iyyaa =}

Vedaaaww. mengatakan...

Kak, ini aku Veda kak. Myblogveda. Aku mau nanya dong, kok aku gak bisa ganti font-nya ya?

kakak ♥ syifa ♥ aulia ♥ mengatakan...

Haay Veda.. bisa, ke rancangan terus advanced :)

Andrey Kusanagi mengatakan...

thx atas infonya sob,,,,,

kakak ♥ syifa ♥ aulia ♥ mengatakan...

sama-sama.. ingat waktu ya

Melukis Senyum mengatakan...

Wow ...! Makasih ya, kak =)

Happy Fibi mengatakan...

Dek, aku gag ada outer-wrapper..
Gimana :'(??

Syifa Aulia☺ mengatakan...

Masa sih, Kak? Coba pake FIND. Templatenya minima, kan?

Happy Fibi mengatakan...

Em, bentar, deh..
aku dulu pakek apaan, ya -__-"

☺M0N1K4 - 모니카☺ mengatakan...

kak. Ini masih bisa di pake kan?

Syifa Aulia mengatakan...

@Kak Fibi: Minima dulu,Kak...
@Oik: Udah nggak bisa, Oik :( Kan, udah nggak ada Minima template lagi, kecuali Oik masih pakai tema minima. Ngomong2, kangeeen sama Oik :D

Syifa Aulia mengatakan...

Maaf baru jawab! Yang mana aja, sih. Yang putih aja biar gampang.

Posting Komentar

Makasih udah baca :)

Diberdayakan oleh Blogger.